9 Tips Agar Liburan Nyaman Bersama Orang Tua

Merantau jauh dari kampung halaman sering kali menimbulkan perasaan rindu pada keluarga. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan dengan orang tua dan saudara kembali hangat, selain berkumpul, adalah dengan berlibur bersama. Menghabiskan waktu dengan makan bersama dan pergi ke tempat-tempat yang seru adalah opsi yang bisa Anda coba.

Siapa pun yang sedang sibuk merencanakan liburan bersama ayah dan ibu dalam waktu dekat, panduan berikut akan membuat perjalanan Anda dan orang tua jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

  1. Cek Kesehatan Orang Tua

1

Source – pixabay

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan sebelum mengajak orang tua pergi berlibur adalah memastikan kondisi kesehatan keduanya dalam keadaan prima. Bila perlu, lakukan medical check-up jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, terutama jika ayah atau ibu Anda punya riwayat penyakit khusus.

Hal ini penting untuk memastikan kondisi mereka tetap baik selama liburan berlangsung dan sesudahnya. Anda tentu tidak mau kan liburan jadi kurang menyenangkan gara-gara ibu Anda sakit?

  1. Tidak Perlu Jauh-Jauh

2

Source – pixabay

Tujuan liburan adalah untuk membangun kedekatan dengan keluarga setelah berpisah lama, jadi tak perlulah memilih tempat wisata yang lokasinya sangat jauh dari rumah. Setidaknya jika menggunakan pesawat atau kereta api, destinasi tersebut bisa dijangkau dalam waktu kurang dari 6 jam.

  1. Pilihan Tempat Wisata

3

Source – pixabay

Ingat, makin bertambah umur seseorang, makin rapuhlah kekuatan fisiknya. Hal ini wajib Anda perhatikan baik-baik saat memilih tempat liburan. Lebih baik hindari tempat-tempat wisata yang hanya akan membuat orang tua merasa kelelahan, seperti berkunjung ke Candi Borobudur, trekking berkilo-kilometer jauhnya, dan semacamnya.

Sebagai alternatif, kunjungilah tempat-tempat yang menawarkan pemandangan cantik dan menenangkan, tanpa membutuhkan gerakan fisik yang berlebihan.

baca juga :

ini tempat wisata di Kalimantan Selatan

nikmati berbagai keindahan pulau Alor

Jembatan-jembatan terindah di dunia

  1. Sesuaikan dengan Keinginan Orang Tua

4

Source – pixabay

Sebelum keberangkatan ada baiknya Anda mendiskusikan beberapa hal terkait liburan dengan orang tua, misalnya tujuan wisata, berapa lama akan di sana, transportasi yang dipakai, dan sebagainya.

Coba dengarkan apa saja yang diinginkan orang tua selama piknik. Menyerahkan pilihan destinasi wisata pada mereka juga akan meminimalisasi rasa bosan dan tidak betah yang mungkin akan mereka rasakan.

  1. Saat Memesan Tiket Kereta Api

5

Tiket Kerta Api

Ada hal-hal khusus yang perlu Anda perhatikan saat memesan tiket kereta api ketika akan berlibur dengan orang tua, salah satunya adalah pemilihan tempat duduk. Sedikit saran, pilihlah tempat duduk yang letaknya agak jauh dari pendingin ruangan pada kereta.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi rasa dingin berlebihan pada orang tua yang bisa mengakibatkan mereka masuk angin atau sakit selama perjalanan. Tidak usah bingung soal ini, di Traveloka, Anda bisa memilih seat di gerbong kereta api sesuai keinginan.

  1. Bawa Obat-Obatan

6

Source – pixabay

Meski dalam keadaan sehat saat berangkat, jangan lupa untuk membawa kotak obat-obatan jika suatu saat diperlukan. Minyak gosok, obat masuk angin, serta obat resep dokter adalah benda-benda yang wajib tersedia di dalamnya. Ini penting, siapa tahu lokasi wisata jauh dari apotek atau toko obat.

  1. Cari Hotel yang Ramah Orang Tua

71

 

Source – pixabay

Sebelum berangkat, sempatkan diri mencari tahu di internet tentang hotel mana saja yang kira-kira ramah dan nyaman untuk orang tua. Sekarang sudah banyak kok hotel dengan fasilitas-fasilitas khusus penunjang lansia, terutama untuk tamu yang memakai kursi roda.

Sampaikan pada pihak hotel bahwa Anda membutuhkan pelayanan khusus untuk orang tua, maka mereka akan bersedia dengan ramah melayani Anda.

  1. Soal Makanan

8

Source – pixabay

Umumnya, orang tua memiliki aturan makan yang cukup ketat, misalnya dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung bahan ini, harus menyantap makanan yang seperti itu, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda menyiapkan makanan yang sesuai dengan keinginan orang tua. Jangan paksa mereka untuk ikut mengonsumsi makanan yang Anda makan jika memang mereka tidak menginginkannya. Lebih aman lagi, tanyakan menu apa yang orang tua inginkan.

  1. Nikmati Liburan

9

Source – pixabay

Ketika mengajak orang tua beribur, jangan sekali-kali menciptakan kesan bahwa mereka adalah beban, sebab hal ini akan membuatnya tidak nyaman dan ingin cepat-cepat pulang.

Sebagai orang yang lebih muda, sudah sepantasnya Anda menjaga perasaan orang tua. Bisa jadi mereka rewel saat sedang berada di kereta api karena lelah, tapi sebisa mungkin jangan tunjukkan perasaan kesal Anda kepada mereka.

Tanyakan apa maunya dengan hati-hati, jika tidak mungkin menuruti keinginannya, berikan pengertian secara pelan-pelan agar tak menyinggung perasaannya. Anda tentu tidak mau kan momen liburan yang dinanti-nanti sejak lama jadi rusak hanya gara-gara persoalan sepele seperti miskomunikasi?

Itu saja tips yang bisa Anda praktikkan saat akan mengadakan perjalanan wisata dengan orang tua tercinta. Ingat, tetap utamakan rasa nyaman keduanya, ya. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *